≡ Menu
Wira Nurmansyah

Saya pasti ke Festival Teluk Jailolo 2012!

in Maluku, Pantai, Travel
A view of Hiri

©Yadi Yasin on flickr

Buat saya, keindahan alam Indonesia itu nomer satu. Dan bagian Indonesia yang paling Indah itu jelas adalah Indonesia bagian Timur!

Halmahera masih belum terlintas di benak saya, tapi setelah membaca website festival jailolo, pikiran saya langsung teracuni! Langung saya googling tentang halmahera, ternate, tidore, festival jailolo. Hasilnya? Amazing!

Saya adalah pecinta fotografi landscape (pemandangan alam) dan budaya. Foto-foto yang saya ambil saya persembahkan untuk Indonesia tercinta, supaya orang makin tersadar akan keindahan alam kita, dan makin mencintai Indonesia.

Setelah saya mencari tahu tentang maluku utara khususnya teluk jailolo. Saya langsung jatuh cinta. Dengan semangat itu saya menulis tulisan ini!

Apalagi setelah saya melihat foto mas Yadi Yasin, salah satu fotografer favorit saya.

Luar biasa keindahan teluk Jailolo di Halmahera.

Reflection of Jailolo

©Yadi Yasin on flickr

Kenapa saya harus mengikuti Festival Teluk Jailolo 2012?

Saya adalah seorang traveler, backpacker, dan fotografer yang sangat ingin mendokumentasikan Indonesia. Misi saya adalah mengenalkan Indonesia lewat foto-foto yang LUAR BIASA. Berikut ini alasan mengapa saya harus bisa mengikuti Festival Teluk Jailolo (gratis :D )

  • SAYA CINTA INDONESIA. Tidak ada alasan – atau apapun alasannya. Semua orang tahu Indonesia adalah negeri yang Indah. Foto-foto saya akan bercerita tentang keindahan dan keunikan tanah air ini. Dan foto, video,  serta tulisan saya akan saya berikan GRATIS untuk promosi wisata halmahera.
  • FESTIVAL JAILOLO ITU KEREN! Setelah saya melihat video-nya, searching di google, melihat websitenya, memfollow twitter @Jailolo2012Fest. Tidak ada kata yang saya bisa ucapkan, saya cuma ingin kesana dan melihat langsung! Apalagi cabaret on the sea, itu bisa menghasilkan foto & tulisan yang amat sangat keren!
  • Saya adalah seseorang dengan PASSION tentang travel & fotorgafi level akut! Saya percaya dengan kemampuan fotografi & tulisan saya. Jadi admin tidak akan menyesal untuk memilih saya! I’m a visual storyteller. Dan lagi, saya ingin sekali mengambil foto landscape yang ada di uang seribu rupiah dulu! Hoho, so excited!
  • Dengan pergi kesana, maka akan mendukung misi saya untuk mendokumentasikan Indonesia. Saya akan tunjukan bahwa halmahera barat adalah kawasan surgawi. Tempat yang memiliki kekayaan alam, sumber daya budi, serta seni tradisinya akan saya tangkap seindah mungkin.
  • Saya seorang BACKPACKER yang lebih senang berinteraksi dengan masyarakat setempat. Saya lebih senang tinggal di rumah penduduk daripada hotel berbintang. Saya lebih senang dengan makanan lokal daripada makanan restoran mewah. Dengan kata lain, memilih saya akan lebih menghemat budget. :)
  • Saya teringat pada kata-kata bung karno kepada sujono, seorang traveler tahun 60an, yang membuat saya jatuh cinta kepada traveling:

    “Anakku Sujono! Bawalah badanmu keliling dunia. Tetapi tunjukannlah jiwamu tetap kepada Tuhan dan Indonesia!

  • and last, LIFE IS A BEACH!

Imajinasikan dan ceritakan hal apa yang akan kamu lakukan jika terpilih dan jalan jalan ke Halmahera Barat.

Saya berada di tengah kemeriahan festival jailolo, kemudian saya akan menjadi seorang jurnalis disana. Selagi saya menikmati festival sembari kagum akan keindahan alam halmahera, saya akan memotret dan menulis apa yang saya lihat.

Saya akan kenyang di festival ikan bakar, saya akan merasakan kuliner halmahera yang terkenal akan rempah-rempah nya di seantero dunia – yang juga membuat bangsa eropa jauh-jauh datang ke halmahera,

©Yadi Yasin on flickr

Saya akan berlayar dengan perahu nelayan ke sidangoli, menikmati sunrise di Pantai Bula dan sunset di pantai Saria. Kemudian saya akan mengeksplorasi Pelabuhan Jailolo dan memotret keindahan disana. Tidak lupa untuk mendalamai kehidupan suku sahu, suku wayoli, dan suku Tabaru. Ingin sekali rasanya menikmati salah satu keramah-tamahan masyarakat disana yang sudah tersohor.

Lalu, saya akan menyapa kerajaan burung bidadari dan mendokumentasikan cendrawasih langka di tengah eksotisme pedalaman sidangoli.

Saya adalah pecinta pantai, jadi saya akan mengunjungi pantai-pantai Indah seperti pantai Fastofiri.

Setelah menyaksikan Cabaret on the sea (saya belum bisa membayangkan ini, tapi pasti akan awesome sekali pemirsah! ), saya akan bertandang ke Danau laguna, pantai fitu, pantai disa, pantai bobo.

Pokoknya semuanya deh!

Tidak lupa saya juga ingin mencicipi kuliner khas halmahera seperti papeda ataupun nasi jaha. Mmmmmm!

Dan setelah itu saya akan KASIH TAHU ke semua orang lewat blog, facebook, twitter, you name it – bahwa FESTIVAL TELUK JAILOLO di HALMAHERA BARAT ITU KEREN BANGET dan WAJIB buat dikunjungi!

Itinerary singkat perjalanan di Halmahera Barat selama seminggu

Hari pertama , 13 Mei : Tiba di Bandara Babullah, Ternate, Maluku Utara. Setelah sarapan saya akan hunting di Danau Laguna dan Pantai Fitu. Kemudian menjelajahi beberapa objek wisata di ternate. Saya juga akan mengunjungi kesultanan ternate, benteng Tolukko, serta tempat menarik lainnya yang jaraknya berdekatan.

Hari Kedua, 14 Mei : Pagi-pagi sekali hunting sunrise di Bula. Kemudian menuju teluk Jailolo dan mengikuti acara pembukaan Festival Teluk Jailolo serta lomba sapu laut.

Hari ketiga, 15 Mei : Hunting sunrise di pelabuhan jailolo, snorkeling, dan makan ikan bakar! Kemudian akan menyelami kehidupan masyarkat ternate dan tidore, beserta suku-suku asli disana.

Kemudian saya akan menuju air terjun kahatola di loloda, karena hari esok festival tidak ada acara. Konon, air terjun yang langsung jatuh kelaut ini sangatlah indah. Sampai-sampai ada yang mengatakan mirip dengan raja ampat.

Hari keempat, 16 Mei : Hari ini bisa kemana-mana. Saya akan ke hunting di pantai Disa, Pantai Bobo, Pulau Hiri, Danau Tolire, Air terjun Kahatola, Pulau BuaBua. Tidak mungkin semua tapi ini adalah pilihan saya.

Hari Kelima, 17 Mei : Acara utama! Saya akan melihat-lihat di pameran rempah, makan di festival ikan bakar, mengikuti acara ritual laut, dan masih banyak lagi sisi dari festival teluk jailolo yang bisa dijelajahi.

Hari Keenam, 18 Mei : Hari ini menu utamanya adalah kuliner. Saya akan mengikuti acara spice trip dan pesta kuliner. Jika bisa, saya akan belajar memasak bersama masyarakat lokal dengan rempah-rempah khas Indonesia.

Saya ingin sekali mencicipi nasi jaha yang gurih, papeda,  ikan kuah asam sambal colo-colo, pisang mulut bebek, gohu ikan, dan air guraka. Rasanya hari itu saya akan tambah gemuk.

festival teluk jailolo

sumber foto : website resmi festival jailolo 2012

Setelah itu saya akan mengunjungi air panas bobo, snorkeling di Fastofiri, kemudian trekking ke pedalaman Sidangolo untuk melihat kerajaan burung bidadari. Mudah-mudahan bisa memotret cendrawasih yang langka itu.

Hari Ketujuh, 19 Mei : Menikmati acara Cabaret on the Sea dan Parade Rempah-Rempah. Ini yang paling saya tunggu, Kabaret di laut pasti jadi penampilan yang sangat unik. Sarat akan budaya masyarakat asli halmahera, juga parade rempah-rempah.

Dengan pergi ke jailolo, berharap saya bisa melihat Indonesia dari sisi yang berbeda. Kembali ke alam, kembali ke fitrah sebagai manusia yang rindu akan Ibu pertiwi kita, yaitu tanah Indonesia.

Setelah itu semua, saya akan kembali ke Jakarta dan menuliskan semuanya di dalam blog ini lagi.

Sampai jumpa!

********** Jangan lupa follow account twitter  @Jailolo2012Fest dan like page facebook festival jailolo 2012 **************

Tunggu saya jailolo!

Boat of Jailolo

16 comments… add one

  • Djadmikouw 16 Apr ’12, 20:05

    woow tertarik juga pengen kesana…
    boleh gabung nggak mas… hehhehehe

  • Djadmikouw 17 Apr ’12, 11:28

    berangkat kapan mas.. ada contak ym atau gtalk nggak?

    • wira 17 Apr ’12, 19:08

      berangkat tanggal 12 mas, kalo kuisnya menang! :D

      ym: wira_nurmansyah

  • nathalia 19 Apr ’12, 17:58

    wuih.. saya juga mauuuuuuuu!!! :D

  • Atre 21 Apr ’12, 17:45

    Aku ikoooooooooooooooooootttt!

  • Maharsi Wahyu K 23 Apr ’12, 20:39

    waaah.. saya juga ikutan kuis ini mas. hahaha semoga yang menang nanti benar2 bisa ikut menyebarkan kepada dunia ttg serunya FTJ 2012 ya!

    eh, saya juga suka banget2 sama foto2nya yadi yasin. cantik!

    • wira 24 Apr ’12, 05:25

      mudah -mudahan saya menang deh kalo gitu hehe :aminnnn

  • Dessy Revita Nasution 11 May ’12, 14:38

    hypnotized by your posts wira! semua pendapat lo tentang keindahan alam dan budaya Indonesia, totally agree. count me in on your next trip pleaaaase. hehe.

    • wiranurmansyah 11 May ’12, 14:50

      iya dong gw kan tukang hipnotis :p

  • Bang Haydar 16 May ’12, 08:42

    sayng bgt gw yang orang sana tapi blm pernah k jailolo, pada hal ada kluarga juga di sana, hmmmm.

  • Silmus_tian30 4 Jul ’12, 18:54

    Trima kasih sdh menyebarkan keindahan alam dari Maluku Utara untuk semua orang dan itulah keindahan yang ada di Indonesia yang kita cintai

  • Carleskad 8 Aug ’12, 17:18

    di sana masih banyak kegiatan adat yang perlu kita ketahui…

  • rotyyu 25 Mar ’13, 12:16

    Akhirnya menang kah?

Leave a Comment